Countdown

Daisypath Friendship tickers
Lilypie Breastfeeding tickers

Senin, 21 April 2014

Travel Bandung - Jakarta (sebaliknya)

Assalamualaikum...

cerahnya after charge liburan kemarin...walaupun Liburan selalu memberikan efect malaas..klo ga ada alarm saya rasa bakal bangun jam 9an hahahaha..
pada kemana liburan kalian?? hihihii...liburanku diisi dengan coba-coba bikin wedang ronde, gulai daging dan menikmati hadiah voucher hotel dari hersa (sepupuku) hehehe...so thankfull caaa :*

soal-soal liburan..banyak dong peminat liburan ke Bandung...terutama warga jakarta..
dr jkt mudah sekali aksesnya baik yang pakai kendaraan sendiri atau umum..
saya pemakai umum..hehehe..doakan kami bisa segera beli mobil yah..Aamiin...
contoh kendaraan umum adalah :


KERETA API
-- > Kereta Api Jkt-Bdg dan sebaliknya (Argo Parahyangan) yang tarifnya sekarang : 
KA Bisnis paling murah 55.000-70.000an
KA Eksekutif  80.000 - 110.000 (80.000 aga jarang sih)
saya hampir sudah coba semua kelas *sombong yah gw..ahahahaa...
pelayanan KA saat ini lumayan jauh meningkat..
>>> tanpa bermaksud sombong saya mau berbagi..mulai dari kelas bisnis yah..
KA kelasnya biasanya terbagi memakai alphabeth jadi kelas sama-sama kelas bisnis tapi harganya berbeda-beda, pengalaman saya pernah naik bisnis Bdg-Jkt saat masuk ada yg memakai kipas dan ada yg memakai semi AC (saya ga tau namanya) tapi bentuknya kotak besar di langit-langit tengah gerbong (beda dengan AC di Eksekutif yang tidak terlihat), untungnya saya dapat yang semi AC..lumayan adem...saat itu saya di harga 60 atau 65 (lupa)
>>> Kelas Eksekutif..
kebetulan saya lebih sering pakai yang Eksekutif sama seperti Bisnis harganya pun berbeda-beda yang pernah saya naiki adalah harga 90.000 dan 110.000...sejauh ini saya belum bisa menemukan perbedaannya, mungkin kalian tau perbedaannya?
perbedaan yang saya rasakan adalah saat naik KA Argo Parahyangan Tambahan...
saya naik eksekutif KA tambahan di harga 110.000 berangkat jam 9 dari jkt sekitar 1 tahun yang lalu..saat itu sepanjang jalan di dalam kereta gerah...hikss...entah karena memang siang itu terik sekali, atau ramai penumpang..tp seharusnya sih adem seperti biasa yah.. tp itulah pengalaman saya,,mungkin nasib saya saat itu kurang baik saja,AC di gerbong saya kurang dingin,,tp imbasnya sampai sekarang saya jd malas kalau harus naik KA yang tambahan hehehhee...
oh iya saya suka pelayanan online KA ini,,jadi lebih simple dan mudah,saya termasuk yg selalu beli online hehehhee...

UPDATE
setelah LDR kembali menjadi pelanggan setia kereta api..sekarang range harganya naik menjadi Rp. 100.000 - 120.000 (eksekutif) lebaran menjadi 140.000
sekarang kelas bisnis dihapuskan menjadi ekonomi AC Rp. 80.000 dan kita bisa dapat posisi duduk mundur, karena kusinya tdk bisa dirubah, untuk saya pribadi yg membawa anak naik ekonomi sempit :(
setelah lamaa..akhirnya saya punya bayangan kenapa kereta api harganya berbeda-beda, 
kalau kita menggunakan aplikasi kereta api/booking online tiket kereta api, kita bisa memilih tempat duduk dengan bebas, sampai akhirnya saya coba pesan online tetapi melalui app tiket.com, nah disini terlihat ternyata harga  tiket mempengaruhi posisi tempat duduk yg bisa kita pilih yg lebih murah saya lihat posisinya di dekat pintu dan toilet, sedangkan yg lebih mahal pilihan duduknya lebih banyak,,

TRAVEL
selanjutnya Travel..Travel Bdg-Jkt dan sebaliknya ini sangat menjamur sekarang, terutama setelah adanya tol Cipularang, saya ingat cerita Alm. Aki oto (kakek saya) beliau awalnya cukup kepikiran karena saya perempuan, dan harus bolak balik Jkt-Bdg, beliau suka cerita dulu ke jakarta itu rasanya jauh sekali, persiapan banyak kalau mau kesana,,hehehee,,karena beliau saat itu cerita jamannya masih tahun 1950-1970an gt kira-kira,,jadi jalanan sepi, bogor pun masih penuh hutan,,hehehehe,,miss u granpa...
so..beruntunglah kita-kita ini hidup di jaman sekarang..bilang apa..?? Alhamdulillah...
saya cukup banyak merasakan travel-travel yg menjamur itu saya absen satu-satu yah..
1. Cipaganti 
saya naik cipaganti hanya 1-2 kali hehehehe (setidaknya merasakan yah).. lebih terpengaruh karena lokasi, jadi saya jarang naik, saat itu saya naik dr Pasteur menuju Kelapa Gading, so far so good naik cipaganti, tapi saya merasa saat istirahatnya (berhenti di KM 62, saat itu) kelamaan lebih dari 10 menit, apalagi saat itu saya naik pagi-pagi untuk melakukan wawancara pekerjaan, sedikit saran sebaiknya kalo keberangkatan pagi itu, ga lama-lama berhentinya, kalau keberangkatan siang atau sore yaah, lebih sedikit orang yang terburu-buru sesuatu (mungkin sih heheh)oh iya saya naik sekitar 4 tahun lalu..

2. CitiTrans
wihiii..setelah keterima di Astra International, naik yang aga mewah dikit gpp yah..hehehehee..yuups Cititrans ini cukup mahal buat saya karena di atas harga rata-rata travel lain, saya naik 4-3 tahun yang lalu itu 90.000an,,sedangkan yang lain 70.000an,,
tp sangat memuaskan,,karena kita duduk di kursi sendiri-sendiri, bawa banyak barang jadi tidak mengganggu,saat itu bayar sudah bisa pake kartu, untuk yang berangkat sendirian ini favorite saya..nyaman dan luas,,tapi kalo berangkat bersama teman, pacar, atau sodara jdnya ga enak karena terpisah-pisah, nanti susah ngobrol hehehheee..
saya sudah jarang naik cititrans terakhir tahun 2012 tp masih sama nyamannya..
oh iya saya pernah liat sekilas mobil cititrans di ciwalk, ada beberapa mobil yang tempat duduknya lebih modif jadi dalam 1 mobil ada yang bisa bersebelahan ada juga yang bisa sendiri-sendiri..(kalau deket sama tempat kerjaku aku pasti pilih travel ini) tp sayangnya poolnya jauh,,jd saya jarang naik lagi..

3. x-trans
travel ini, travel fav saya dan suami setelah beralih dari travel "B", naik x-trans.. cukup nyaman,,sistemnya pun sudah online,,lebih memudahkan kita, poolnya d bandung deket banget sama ciwalk,,seneng bgt, jd bisa cuci mata bentar laahh hahahahaa...
susahnya karena cukup jauh dr rumah,,dan cihampelas rajanya maceet boo.. tp karena pool pancoran deket dr tempat tinggal saya, jd hampir selalu pakai x trans tiap pulang..
sejauh ini kami nyaman pake x trans, poolnya enak, dan kalau driver melebihi 100km/jam akan ada alarm menyala..dan dapet minum juga hehehee,,,

4. Daytrans
saya pakai travel ini dari cihampelas menuju pancoran jadwal jam 5 pagi, karena 3,5 th yang lalu saya sedang tes di PT. Pertani. saat itu saya pakai jam paling pagi..dan ternyata penumpangnya hanya saya sendirian, karena sendiri mobil ga berangkat-berangkat, sampai akhirnya ada yg naik jam setengah 6an, mungkin memang sengaja nunggu kali yah..??
akhirnya kami berangkat hanya dengan 2 atau 3 penumpang (lupa hehehe) tp pake daytrans ini cukup nyaman ko,,ada tivi nya juga di depan, walau ga di nyalain..hahahhahaa..

5. Baraya
ini dia travel paling murah di antara yang lainnya,,bener-bener asli murah..
hampir selama 3,5 tahun lebih saya kerja di jakarta itu full pake baraya (kecuali sekarang-sekarang pindah ke x-trans) kenapa pake baraya??
a. Murah cyyn
b. Deket bgt dr rumah
c. Deket juga dr pancoran dan kelapa gading (waktu masih di AI)
salah satu pertimbangan naik travel adalah lokasi pool...
tapi..eehh tapi... naik baraya ini kita harus tau trick nya..secara ya saya jadi pelanggan lumayan lama,,jd lumayan hafal laah..
contoh trik nya :
Aa. pesen baraya jauh-jauh hari, tapi harus di cek ulang, karena saya sering tidak terdaftar..huhuhu.. dulu kalau saya pulang hari minggu, ibu saya sudah booking dr hari rabu atau kamis,,dan sering sekali, saat minggu saya mau pulang eeh katanya nama saya ga ada a.k.a berlum terdaftar,,,*sakit hati, walaupun biasanya tetep dapet sebagai WL,,tapi kan BETE.. fyi baraya ini masih manual shg kemungkinan human error sangat tinggi..

Bb. di baraya saat booking by phone atau langsung ga bisa pilih tempat duduk, tp kadang bisa juga loh,,jadi untung-untungan gt..
yang kadang bikin kesel, saya booking buat 2 orang, untuk hari minggu, nah biasanya kalau sempat, saya datang hr sabtu, bayar dulu untuk 1 orang (kaya DP) dan pilih seat (kalo udah bayar boleh pilih seat)tapi itu kalau hari sabtu nya saya sempat, terkadang kami punya acara juga kan,,, shg datang hari minggu langsung(posisi : sudah booking untuk 2 orang)saat mau bayar, ternyata tempat duduk kami terpisah WHAAAATTTT.... alasannya karena sudah ada org lain yang pilih tempat duduk, saya bener-bener kesel itu, 

saya : mba, ko duduknya pisah?
mba : iya, soalnya yang lain sudah pessan duduk duluan
saya : tapi kan saya udah booking untuk 2 orang, biasanya di siapin yang bersebelahan
mba: yang lain sudah datang duluan dan pilih kursi mba, jd yang sisa ini saja (sambil liatin seat terpisah)
saya : oh gt, ya dah saya batal mba, mau naik x-trans saja.
itu percakapan terakhir saya sama pekerja baraya , saya benar2 ga pake baraya lagi sampe sekarang , kecuali kepepet yah..hehehee..(puncak bgt kekesalan saya, karena berkali-kali terjadi pada saya)
yang bikin kesel kan si mba udah tau kalau ada yg booking 2,3,4 atau lebih orang (pokoknya lebih dari 1org) itu sebaiknya di usahakan duduknya berdekatan (iya ga sih) kalaupun orang yg pesen itu blm bayar atau belum datang, minimal di save-in dulu tempat duduk sebelahan, perkara orang itu datang atau tidaknya kan nantinya bisa di jual lagi ke yang lain (IYA GA SIH?) toh baraya saya pikir ga akan rugi..
semoga org lain ga ada yg mengalami deh..

Cc. tips berikutnya usahakan duduknya jangan di belakang,,karena sempiiiiitt, mobil baraya itu sama seperti mobil travel lainnya tapi bangku paling belakang diisi 4 orang,,waaw,,enak kalo pada kurus,,ya kalo ada yang aga berlebih, lumaya sumpek itu..
tahun 2013 kemarin, baraya sempet menempelkan pengumuman kalau di belakang akan jadi untuk 3 orang saja, tapi prakteknya saya hanya 1 kali di belakang itu ber-3 sisanya sayangnya tetap ber-4 dengan alasan katanya sedang ramai, biar bisa ke angkut semua...walah..walaah...

Dd. dulu temen saya ada yang kapok naik baraya karena katanya supirnya ngebut.. saya mau coba kasih pendapat, masalah supir ngebut itu tergantung supirnya karena selama saya naik baraya Alhamdulillah supirnya ga pernah yang ugal-ugalan, mungkin temen saya lg kurang baik aja nasibnya dapet yang ngebut hehehehee..

Ee. saya dan suami (saat itu masih pacar) sudah 2 kali naik baraya yang AC nya mati..yang pertama mati di jalan (sudah setengah jalan) menurut saya masih wajar..kerusakan bisa terjadi tanpa terduga toh..?!
dan yang ke-2 itu AC sudah mati semenjak di pool,,saat itu memang long weekend, penuturan driver katanya AC baru saja mati (saat perjalanan melawai-tendean)saya naik dari tendean, tapi ya siapa yang tau, saat itu penumpang menumpuk, semoga saja baraya tidak sedang memaksakan sebuah kendaraan hanya supaya penumpang ter angkut, saya sih ga mau suudzon,, 
imbasnya saya minta pacar untuk turun saja, saat itu macet bgt,perjalanan dari tendean sampai cawang saya ga tahan, rasanya sesak,coba bayangkan 12 orang di dalam mobil kaca tertutup tanpa AC, untungnya macet, dan untungnya juga masih sampai cawang, akhirnya kami memilih turun saja, dan kembali ke kosan..hahahhaa..saya ga terbayang long weekend yang macet, tanpa AC dan jendela tak bisa di buka,,bisa-bisa bengek saya kambuh..

Dd. pelayanan baraya dari bandung ke jakarta itu TOP hampir selalu tepat waktu (serius deh), tapi sayangnya klo berangkat dr jakarta - bandung aga sering molor,,
jadi biasanya saya naik dari pool tendean, nah mobil yg mengangkut penumpang tendean itu berasal dari melawai, jadi klo saya pesen yang jam 7 maka mobil sampai ke tendean itu jam setengah 8, karena jam 7 itu jadwal keberangkatan dari melawai (sudah sewajarnya lah ya)
tp cukup sering juga kalau mobil 1-1,5 jam belum datang,,dan petugasnya akan bilang, mobilnya blm ada karena dari bandungnya telat/macet.
ini masih jadi pertanyaan saya, sebenernya yg di tunggu dari bandung itu mobilnya atau drivernya atau malah keduanya?? kalau mobilnya ya masih wajarlah, tapi klo drivernya saya jadi aga was-was juga, driver itu juga kan manusia biasa yg bisa capek, klo misalnya dia kena macet dr bandung trus sampai jakarta telat, sedangkan pas sampai jakarta langsung di suruh berangkat lg, kan kasian..capek tuh drivernya..mana udah malem..kapan istirahatnya..huuft..semoga tidak begitu yah teman-teman..

saya ada pesen buat temen-temen saya yang "kapok" naik baraya dengan berbagai alasan,,saya sebagai pelanggan aga risih juga kadang-kadang hehehehe..jadi saya titip pesen buat kalian, naik baraya bisa nyaman ko asal kita tau tips n trick nya..
walaupun kembali lagi dengan harga murah, yaaaa...jangan berharap terlalu muluk lah...

So..selamat menikmati perjalanan anda,,dengan apapun angkutannya jangan lupa berdoa, kalo ngantuk ya bobo, kalo capek mampir rest area, kalo laper makan ya..hehehehe...

semoga bermanfaat..
oh iya,,saya menulis apa adanya ya,tanpa maksud tertentu,murni untuk sekedar berbagi,  maaf kalau ada yg tersinggung atau ada kesahalan, semoga menjadi perbaikan bersama..


UPDATE  November 2016


sekarang pesan travel sudah banyak yg bisa online yah.. awalnya tiketux ini yang saya tahu hanya untuk booking X-trans saja, tetapi sekarang sudah bisa banyak travel (diantaranya travel yg saya sebut di atas), dan dari banyak daerah juga, tidak hanya jakarta-bandung saja, cara pembayarannya pun mudah, bisa melewati ATM, internet Banking dan Indomaret.. silahkan di coba ya.. www.tiketux.com



C U all..^^







5 komentar:

  1. permisi mau numpang nanya nich sebagai user pngguna travel..minta saran dan pengalamannya donk, sya rncana kan mau ke bandung pake travel cuman wktunya bertepatan dgn H-2 lebaran, saya tiba pagi jam 9 d bandara mau lngsung pake travel ke bandungnya..apa sdh tepat planing saya, kira2 berpa lama wktu tempuh nyampe ke bandungnya..trus apa macetnya parah betul di H-2 lebaran itu..karena harinya bertepatan dgn arus mudik lebaran trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hendra,
      maaf baru saya balas..
      saya hanya 2 kali mudik pakai travel, itu kalo kepepet ga dapat tiket kereta hehehe.. saya naik kalau ga salah tahun 2012an itu macetnya kira2 5-6 jam perjalanan ga terlalu parah sih, tapi pengalaman saya yg terbaru perjalanan JKT-BDG sewaktu libur natal 2015 itu macet parah mas, saya 12 jam perjalanan, itupun tdk masuk tol kota, tapi dr jkt saya ke bekasi lewat jalan biasa, lalu masuk tol di bekasi barat, kabarnya yg lewat tol kota waktu tempuhnya lbh lama, sepupu saya lewat tol kota di hari yg sama 16 jam sampai ke bandung..
      jd sabarin aja ya mas, jgn lupa perbekalan untuk berbuka, siapa tau butuh hehehe..
      kalau hari besar gt, nyamannya sih pakai kereta, tp kalau posisi dari bandara agak ribet jadinya ya kalau mesti ke stasiun..
      semoga membantu yaa..

      Hapus
  2. Mbak mau Tanya, klo kursi sale Baraya itu enak gak? Krn harganya lumayan murah. Beda 20 ribu. Itu Ada Di Nomor 9-12

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Ika,
      maaf sekali saya baru update dan buka blog lagi..
      saya baru tau malah mba kalau baraya ada kursi "sale" nya hehehe..
      tetapi sejauh yg saya tau kursi 9-12 itu berarti kursi paling belakang,,kalau buat saya pribadi kurang nyaman, apalagi kalau diisi 4 orang..hehee..sempit ^^
      semoga membantu yah..
      terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..

      Hapus
  3. good information and interesting to read. thank you very much for all the information


    Cara Membuat Ikan Menyambar Umpan

    BalasHapus