Countdown

Daisypath Friendship tickers
Lilypie Breastfeeding tickers

Selasa, 26 Juli 2016

Hand Foot Mouth Disease atau Flu singapur

Assalamualaikum Wr. Wb.

1 Tahun 3 bulan 14 hari / 15 bulan 14 hari

Minggu lalu, 17 Juli 2016 dzaky demam sampai 39C, di beberapa bagian tubuhnya ada bintil bintil kecil seperti cacar, kebanyakan tidak ada cairan, tetapi ada 1 bintil dengan cairan, bintil itu terdapat pada siku tangan bagian dalam, sedikit di leher belakang.

senin, 18 juli 2016 dzaky masih demam 38,8 C demamnya naik turun, paling rendah 36,8C, bintil semakin bertambah di area lengan bagian dalam dan di lutut, awalnya kami mencurigai kalau ini adalah cacar, pas pula dzaky belum dapat vaksin varicella, kami masih berpikir condong ke cacar, sampai pada akhirnya saya menyadari kalau ada 2 sariawan di lidahnya dzaky, dan opsi pun bertambah, mungkinkah flu singapur?


Saya cenderung pada flu singapur karena adanya sariawan dan 1 bintil di dekat mulut, tetapi akhirnya kami memutuskan ke dokter, karena kami butuh kepastian, apakah ini cacar atau HFMD/flu singapur, dokter sangat penting buat saya, karena neneknya dzaky masih beranggapan kalau ini cacar sehingga dzaky minim kena air, termasuk tdk dimandikan. menghindari melawan orang tua, sebaiknya ambil jalan tengah yaitu ke dokter.. dan diagnosanya adalah HFMD virus yang sembuh sendiri, dan harus mandi hehehe,,
tidak ada obat yg diberikan hanya vitamin penambah nafsu makan dan zat besi, jd yg terpenting saat anak terserang HFMD adalah penambah daya tahan tubuhnya dengan asupan makanan, buah dan sayur, ga perlu obat apalagi antibiotik ya.. obat yg saya gunakan hanya penurun panas.

setelah 3 hari bintil masih tumbuh di lengan, lutut, dan telapak kaki, sampai dzaky jalannya aga aneh karena ada sesuatu di telapak kakinya.. tetapi sudah tidak ada lagi demam, sudah mau makan, dan main seperti biasa..
jd saya simpulkan dzaky sebenarnya sudah sehat hanya tinggal menuntaskan pertumbuhan bintilnya yang kemudian mengering lalu hilang..yeeay..Alhamdulillah sudah sembuh ya nak..

Oh iya pada malam kedua dzaky maunya tidur di gendongan kalaupun di taro di kasur, kakinya mesti sambil di pijatkan, dr yang saya baca rasanya pegal-pegal dan ngilu, jd kalau mulai terbangun saya langsung pijat kaki atau tangannya, lumayan begadang hehee..
kalau bunda-bunda ada yg mengalami ini jangan panik, pastikan anak mandi yaa, dan pastikan masih mau makan dan minum..HFMD juga menular, kalau bisa bintilnya jangan sampai pecah ya..dan pengalaman dzaky tdk semua bintil berair dan dzaky tdk disertai flu.

2 komentar:

  1. Hi Resistri, Saya Ayu dari High Angle Production House (www.highangle.co.id). Saat ini saya sedang mencari Ginekolog wanita untuk menjadi narasumber dalam video kami, dan saya baca di blog ini bahwa dokter kandungan Resistri adalah Dr. Syafriani Tanjung. Apa ada kemungkinan Resistri ada nomor handphone Dr. Syafriani? terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga mba mahaswani..
      maaf mba, kebetulan saya tdk ada kontak beliau..
      Mohon maaf karena blm bisa membantu ya mba..🙏

      Hapus