Countdown

Daisypath Friendship tickers
Lilypie Breastfeeding tickers

Kamis, 17 September 2015

Stok ASIP

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sharing soal stok asi yuuu,,
selama cuti saya sudah mulai coba pumping saat dzaky belum 1 bulan, jadi mulai sekitar akhir-akhir april, saat itu perahan pertama saya hanya 30ml itu pun sudah di tambah dari hasil tampungan ASI yg menetes saat saya menyusui.
saya pumping tdk setiap hari, lalu pumping kedua bisa 50 ml, sampai akhirnya bisa 100ml per hari, tapi tetap saya tdk pumping setiap hari ya..selama bulan april saya berhasil mengumpulkan 10 botol ASIP yang isinya tdk semua full, paling sedikit itu ya si 30ml hasil pumping pertama.


masuk bulan mei saya mulai rajin pumping, sehari tdk tentu berapa kali pumping, pokoknya sesempatnya, dan saat tdk malas hehee..itu seharian dr pagi sampai malam saya paling mengasilkan 100ml saja, sampai saat saya berhasil mencapai 150ml itu seneng bgt, langsung di foto kirim ke koko..

dari yang sehari hanya bisa max 150ml (itupun susah payah) akhirnya saya memaksakan bikin waktu pumping
jadwal pumping weekdays :
Dini hari : sekitar jam 3 (setelah dzaky nen, karena dzaky rutin bangun jam 3)
Pagi        : jam 6-7, kalau tak sempat berubah jam 10-11
Malam    : Jam 9 ke atas (setelah dzaky bobo)                            
jadwal pumping weekend   :
Dini hari : sda
pagi        : jam 6-7 dan 10-11
sore        : sebisanya
Malam   : sda

weekend jadi semangat pumping karena ada koko juga jd lepas kangen, plus koko bisa pegang dzaky selama saya pumping, peran suami setelah melahirkan itu sangat besar ya..Alhamdulillah..
mulai bulan mei pun saya bisa mengumpulkan 3-4 botol sehari, walaupun 4 botol itu jarang yah, dan pastinya harus ada koko kalau mau banyak hehehe..

alhamdulillah saat bulan juli saya ke jakarta bisa bawa sekitar 8000ml ASIP, yang ternyata langsung meramaikan freezer, sejujurnya saya pernah merasa pesimis melihat foto para busui dengan stok ASIP full freezer mandiri (bukan kulkas 2 pintu ya). dalam hati saya yakin ASI saya banyak, tp bisa ga ya sampai 1 freezer kaya di foto-foto itu, ternyata setelah di susun masuk freezer sewaktu di jakarta alhamdulillah hampir full..rasanya bahagia dan bersyukur sekali..

Instagram Photo by keykochan on Instush. Photo Description - Hasil merah pake tangan..plus 3 kantong asip setelah punya BP..
Alhamdulillah..semoga bisa tetep semangat demi si aden ganteng ;)
#asip #asi #breastfeedingmom #breastfeeding #pumping
ini foto ASIP yg saya bawa dr bandung hanya plus 3 buah kantong ASIP selama di Jakarta
saya lebih banyak menggunakan media kantong ASIP selama di Bandung, karena ga bawa botol banyak dan takut bawanya nanti agak sulit ke jakarta, mengurangi resiko pecah juga, 1 kantong ASIP saya isi paling banyak 210 ml. sisanya saya upayakan minimal terisi 150ml.
dan ini semua saya perah pakai tangan, karena masih ragu untuk beli breastpump.
tetapi akhirnya saat di jakarta saya memutuskan untuk membeli breastpump yang review recomended nya sudah banyak tetapi yang paling murah hehehe...

Botol Kaca ASI
karena sekarang sdh di jakarta saya sekarang menggunakan botol sebagai media penyimpanan ASIP saya. botol favorite saya adalah botol Lubby, botol ini seperti botol selai dengan mulut lebar, buat pemerah pakai tangan ini lumayan banget, dan setelah di bekukan juga kecil kemungkinan tutupnya meletup atau lepas seperti botol tutup karet. ini penampakannya :
sumber dari google

Kantong ASI
sedangkan kantong ASI yang saya gunakan adalah kantong ASI Natur, Gabag, dan Little Giant, dari ketiga merek yang saya gunakan kantong Natur punya kapasitas paling besar dan lbh panjang sehingga saat dibekukan bisa banget di buat gepeng seperti foto stok ASIP saya di atas.
sedangkan kantong ASI Gabag dan Little Giant enaknya di berdirikan agak sulit bila mau di gepengkan, bahannya pun berbeda, untuk kantong ASI natur bahannya plastik halus, hampir mirip plastik zip lock obat tetapi lebih tebal, sedangkan GABAG dan Little Giant hampir sama bahannya dari plastik yg lebih kaku.

Breastpump
sebagian teman-teman saya sudah sedia BP sedari hamil, sebenernya saya juga tertarik buat beli BP juga sebagai persiapan setelah melahirkan, tetapi setelah googling ternyata BP itu cocok-cocokan, dan teman sekantor saya yang sdh lbh dulu jd mama perah di kantor, malah kebanyakan memerah pake tangan, padahal mereka jg punya BP . jadilah saya galau, karena harga BP kan lumayan juga yah..
dari yang saya baca BP yang recomended para buibu adalah Medela (gpp yah sebut merk) apalagi yg elektriknya deuh mupeng deh..
akhirnya saya membeli BP saat mendekati masuk kantor, mikirnya supaya bisa lbh terbantu dan menghemat waktu aja, karena ruangan saya ga bisa di tinggal lama-lama. googling sana-sini saya memutuskan membeli BP unimom mezzo, unimom ini sdh banyak yg pakai dan merasa puas, harganya juga tdk terlalu mahal. pertimbangan lain saya pilih manual juga karena ada teman saya pake elektrik malah bilang gemes kelambatan, jd kayaknya kalau mau yg elektrik mending medela sekalian kali yah, banyak yg puas. kalau saya mau mengalokasikan dananya buat kepentingan lain saja dulu, karena medela elektrik buat saya cukup mahal.. dan buat saya pake unimom sudah cukup ko, alhamdulillah semoga ASI dzaky terus terpenuhi.

Milk Saver
saya sangat terbantu sekali dengan adanya milk saver, karena ASI sering sekali rembes, dan rembesannya itu bisa banyak banget, rasanya sayang kalau terbuang begitu saja. Saat menyusui pun biasanya PD yg sebelah akan ikut mengeluarkan ASI, awalnya dengan sabar saya tampung memakai botol ASIP, tp kelamaan pegel juga, dan rempong setiap mau menyusui harus sedia botol, plus pegang bayi plus pegang botol repot deh pokoknya.
googling lagi, kayanya dulu banget saya pernah baca blog orang tentang penampung ASI ini, yang saya ingat di bentuknya melingkar dan ada lubang-lubang di atasnya. setelah searching dapatlah gambar yang ada diingatan saya, persis gambar di bawah, seingat saya cerita blog tersebut mengatakan bahwa kegunaan dari alat di bawah adalah untuk menampung ASI.

Medela Nipple Formers - Sumber Google
ternyata itu kurang tepat medela diatas adalah Medela Nipple Formers yang kegunaan utamanya adalah untuk menarik Nipple kita yang tertarik kedalam, ada sebagian ibu-ibu yang tidak memberikan ASI dengan alasan "tidak ada putingnya" nah dengan Nipple Formers ini diharapkan puting bisa lbh menonjol, mungkin bisa digunakan sedari hamil (kurleb seperti itu, saya sendiri tdk pakai jd kurang paham) walaupun ini sepertinya bisa digunakan untuk menampung ASI menetes juga sih.
Medela Milk Collection Shells
Medela Milk Collection - sumber Google
Nah untuk gambar di atas peruntukannya memang untuk menampung ASI, terdapat rongga kecil di atasnya untuk menuang ASI yg tertampung. Saya pribadi menggunakan Medela ini, rasanya nyaman, sampai terkadang lupa belum saya lepas milk collectionnya ..tapi jangan di bawa tiduran yah, nanti tumpah kemana-mana hehehe...apabila ASI yang kita tampung ini mau di jadikan ASIP sebaiknya jangan sampai lama-lama ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar