Countdown

Daisypath Friendship tickers
Lilypie Breastfeeding tickers

Selasa, 20 Oktober 2015

Memulai MPASI

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat 6 Bulan Dzaky Budiresista Almair.. Alhamdulillah kita sudah lulus S1 ASIX nak, betapa bahagia dan bersyukur bunda bisa memberikan apa yang menjadi hak mu, yaitu susu terbaik karunia yang dimiliki setiap perempuan dari ALLAH SWT.

Selamat makan anakku, sekarang kau akan belajar hal baru lagi, kau akan mulai makan, dari 1 kata yaitu "makan" akan banyak pelajaran yang akan kau dapatkan.. kau akan belajar mengenal rasa, belajar mengunyah, belajar menelan, belajar mengenal tekstur makanan, belajar mengetahui apa yg kau suka atau tidak.


memulai MPASI dzaky...saya memilih untuk menerapkan panduan WHO, untuk 2 minggu pertama di berlakukan menu tunggal, tetapi diusahakan sudah mencoba beraneka ragam jenis makanan, seperti buah, serealia, kacang-kacangan, umbi-umbian,dsb.
untuk tes alergi saya ambil 1 hari saja hehehe..karena alergi sebenarnya cenderung cepat munculnya, paling lambat selama 72 jam, mudah-mudahan tdk ada alergi.

semakin dekat hari MPASI saya semakin galau, bukan karena menu, bukan karena jadwal, bukan karena perlengkapan makan, tapi galau karena kami mau mudik,, iyah kami akan mudik ke pondok indah mertua saya..hahaha..saya lebay yah..bukan tidak suka mudik, bukan tak cinta, bukan malas..tapi ya tegang aja gitu hahaa...
sejujurnya saya masih kaku, dan meraba-raba soal MPASI ini, belom lagi saya harus mempelajari dan mempunyai argumen mengenai mitos-mitos, soal kopi misalnya, soal MPASI dini (untungnya memang sdh waktunya makan) dll, untuk jaga-jaga, karena dr yg saya amati kayanya disana masih kurang sosialisasi ASIX dan MPASI.

6 bulan dzaky pada 12 Oktober 2015 tetapi saya memulai MPASI dari tgl 10 oktober 2015 => looh MPASI dini dong bund??
No..tidak, dzaky tidak MPASI dini, karena panduan WHO menyarankan bahwa sebenarnya waktu memulai MPASI adalah saat usia bayi kita sudah 180 hari , kalau tdk salah hitung 180 hari dzaky adalah 9 okt 2015 yang jatuh di hari jumat, jadi saya mundurkan sehari, tepat di hari libur ayah sama bunda..
menu pertama dzaky adalah Puree Kentang dan Puree Brokoli, waktu makannya adalah pagi dan sore, puree bisa ditambah air atau ASI, dzaky ternyata ga suka dicampur ASI jadi sampai saat ini hanya di campur air bila perlu saja.

mengutak-atik menu untuk 1 minggu (untuk selama di PIM) saya menghabiskan waktu 2 minggu lebih, banyak pertimbangan yang sebenernya saya juga ga tau itu berpengaruh banyak atau ga ya.. misalnya :
1. saya mau ada kombinasi Buah-Sayur, Buah-Umbi, Sayur-Umbi, serealia-Buah, Serealia-Sayur, dsb.
2. saya tdk mau dalam 1 hari ketemu 2 jenis makanan pemicu sembelit bayi, atau 2 jenis makanan yg konon melancarkan pup.
3. karena di PIM (pondok Indah Mertua) kalau bisa makanan kukus sekalian aja, biar ga rempong keliatannya. hehehe..

pada akhirnya sampai di PIM bubar jalan semua jadwal saya. ga usah dibahas kenapa bubar, dan dzaky pun sudah merasakan rasanya kopi disana..ga usah dibahas juga gimana perasaan saya..huhu..
minggu ini memulai kembali jadwal MPASI dzaky, bismillah lagi, memulai dengan semangat, semoga bunda ga galau lg yah nak..
Puree Wortel dan Melon menu hari ke 11 MPASI dzaky
itadakimas..


2 komentar:

  1. wah, semakin besar adik bayinya. Semoga selalu sehat ya.
    Ibunya juga semangat menyiapkan MPASI nya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...makasih mba..harus tetep semangat hehehehe ^^

      Hapus