Countdown

Daisypath Friendship tickers
Lilypie Breastfeeding tickers

Selasa, 17 November 2015

Menu MPASI kesukaan Dzaky

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Mau Sharing sedikit menu makanan terfavoritnya Dzaky.. saya posting makanan yang "ter"nya saja ya, sekalian buat pengingat saya juga, kalau mau bikin ulang hehehe..
Maaf ya saya tidak mendokumentasikan secara lengkap..karena suka keburu rempong *sok sibuk hehe..


Usia 6 bulan
makanan favoritenya dzaky diantaranya

1. puree pir Xiang lie : pir di kukus lalu di parut dan disaring (di saring hanya sekali, setelah itu saya kasih dzaky tanpa di saring) pernah juga coba pir tanpa di kukus, dzaky tetep suka.

2. Puree Labu Siam/waluh : waluh kupas kulit kemudian dikukus lalu di parit (tanpa saring) rasanya manis, he love it too..

3. Jeruk baby : hanya di peras saja, atau di potong seperti kita makan sunkist lalu saya biarkan dia gigit dan emut sendiri jeruknya.

4 Pisang Kerok.
puree sayur dan buah lainnya pada dasarnya dzaky mau makan, tapi tidak selahap makanan di atas

5. BuBaATo : terdiri dari Bubur Beras Coklat (BBC) + Bayam + Ati +Tomat
rebus beras coklat (saya pakai gasol) bersama ati, setelah kira2 ati matang, masukan tomat yang sudah di cincang kecil dan bayam (daunnya saja) setelah itu masak bersamaan sampai mengental lalu blender. untuk minyak tambahan saya menambahkan butter sesaat sebelum dimakan.


6. Oatmeal Pisang : masak oatmeal setelah matang campurkan dengan pisang yang sudah dilumatkan (masak pisang dan oatmeal bersamaan juga bisa) pada dasarnya dzaky senang perpaduan oatmeal dengan buah.
Oatmeal Mangga


7. BBC + Pisang + Tempe + Kembang Kol
rebus BBC bareng dengan kembang kol, sekiranya setengah matang masukan tempe, dan terakhir campurkan pisang lalu blender. menu ini dzaky suka, mungkin karena ada pisangnya.

Usia 7 Bulan
di usia 7 bulan ini saya mulai mencampurkan bumbu, yang sudah saya coba baru bawang putih, bawang daun dan jahe

1. BBC+ Tahu + Buncis + Daging + Tomat
Tumis bawang putih cincang/ulek sampai harum masukan kaldu daging dan BBC beserta Daging yang sudah dicincang, kira-kira setengah matang masukan buncis, lalu masukan tahu dan tomat, rebus sampai mengental lalu blender. ini hasilnya haruum banget saya sampai ikut lapar, dan rasanya enaak hehehe..padahal enak dilidah kita belum tentu enak dilidah bayi ya..


2. BBP + Ayam + Wortel + Daun Katuk + Sawi putih siram dengan puree tomat (bahan Tambahan : Bawang daun & bw. Putih + jahe geprek) di ambil dari salah satu resep ibu Amanda pingkan di HHBF bubur soto bandung, tetapi saya memakai bahan seadanya. 
Tumis bawang putih cincang/ulek sampai harum masukan air dan daging ayam yang sudah di suir/potong kecil dan wortel, geprek 1 ruas jahe dan masukan, setelah hampir matang masukan bawang daun, sawi putih (daunnya saja) dan daun katuk, setelah beras empuk dan air berkurang angkat, pisahkan jahe, tunggu sampai hangat lalu blender. saya menyajikannya dengan ditambah puree tomat.
dzaky lahap banget makan ini.


percobaan pertama saya coba porsi kecil dulu
ternyata lahap..

3. BBC + Salmon + Labu siam/waluh + Kangkung + Tempe + Pisang
Kukus Salmon dan Labu siam
Masak BBC bersama tempe, kira-kira hampir matang masukan kangkung.
angkat, diamkan sampai hangat lalu blender bersama pisang.
hasilnya dominan rasa pisang sih, tidak amis walaupun rasa salmonnya terasa sedikit. dzaky lahap banget, seneng nyuapinnya..hehehe...
percobaan ikan pertama dzaky, alhamdulilah lulus.


foto di bawah sebenernya reaksi dzaky biasa aja sih, tp saya upload aja deh hehee..
BBM + Kuning Telur + bayam + edamame disiram puree mangga



sementara ini dulu, menunggu mood selanjutnya untuk posting lagi

UPDATE

Usia 8 Bulan

masuk 8 bulan, dzaky mulai saya perkenalkan dengan keju, kejunya saya menggunakan prochiz
menu keju pertama dzaky adalah lasagna dengan daging ayam^^

1. Ayam cincang + Tomat + Wortel + Jamur Kancing dengan Mashed Potato
(bahan tambahan : bw. bombay dan Keju)
tumis bw. bombay cincang setelah harum masukan daging ayam tambah sedikit air, setelah matang masukan tomat yang sudah di cincang halus aduk sebentar lalu masukan jamur yang sudah di cincang halus juga, sekiranya sudah mau matang masukan keju parut, aduk sebentar, angkat.
wortelnya saya rebus bersama dengan kentang, kentang dijadikan mashed potato (karbohidrat) wortelnya saya parut untuk tambahan sayur.
dzaky lahap banget makan ini, sebenernya saya ga niat membuat lasagna, tetapi sewaktu di coba rasanya persis sama filling lasagna..hehehe..Alhamdulillah menu sok bule dzaky ludes..dess hehehee dan keju luluus...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar